14 Agt 2009

SEKILAS SAVE OUR BORNEO ( SOB )


  • Inisiatif SOB muncul pada pertemuan 4 orang Eksekutif Daerah WALHI se-Kalimantan di Banjarbaru pada tanggal 17-19 Juli 2005.
  • Dimaksudkan untuk menjadi jejaring inter-koneksi gerakan di jenjang Kalimantan dan dapat bekerja dimana saja di seluruh Kalimantan.
  • Secara keorganisasian SOB tidak terhubung secara hirarkis dengan suatu lembaga manapun


Filosofi Dasar

Save Our Borneo [SOB] adalah gerakan [ movement ] untuk upaya penyelamatan Kalimantan yang pada saat ini dalam tingkat kerentanan dan ancaman yang sangat tinggi sebagai akibat eksploitasi asset alam dan sumber kehidupan rakyat yang dilakukan dalam skala massif dan tidak bertanggungjawab.


Upaya dan Harapan

SOB akan melakukan berbagai upaya diberbagai tempat dan jenjang untuk memastikan bahwa dalam masa kedepan Kalimantan harus menjadi tanah harapan bagi hidup dan kehidupan rakyat dan sekaligus sebagai penyangga bumi yang menyediakan berbagai sumber kehidupan bagi rakyat secara berkelanjutan.


Tujuan

SOB bertujuan untuk memastikan bahwa pengelolaan asset alam dan lingkungan Kalimantan dilaksanakan secara adil dan demokratis melalui penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan bersih yang menghormati Hak Azasi Manusia, nilai-nilai kearifan masyarakat adat dan budaya lokal serta memperhatikan hak rakyat atas keberlanjutan kehidupan antar generasi.


Perspektif dan Pendekatan

Untuk mencapai tujuannya, maka segenap gerak langkah dan aktivitas SOB harus ditujukan bagi kepentingan rakyat diatas segalanya. Rakyat harus diberikan dan mempunyai ruang yang cukup untuk menentukan pilihan pada pembangunan yang dibutuhkannya. Rakyat juga harus diberikan hak untuk mengatakan TIDAK bagi pembangunan yang tidak dikehendakinya.


Sikap Dan Pendapat

Segenap komponen SOB wajib melakukan sikap melawan pada pembangunan dan eksploitasi asset alam dan sumber kehidupan rakyat yang tidak menempatkan rakyat sebagai penentu utama, melanggar HAM dan merusak lingkungan. Siapapun pelakuknya.


Kelembagaan

SOB memandang kebutuhan manajemen dan organisasi hanya sebagai kebutuhan taktis dan supporting system, oleh karenanya maka bentuk dan kelembagaan dapat berbentuk apa saja dan dinamis, dimana pada suatu saat tertentu dengan masa lainnya dapat berganti atau bermetamorfosa sedemikan rupa sesuai kebutuhan strategis.

Tidak ada komentar:

Anda peduli upaya penyelamatan Hak Rakyat dan Hutan Kalimantan? silahkan berikan donasi anda