19 Jan 2012

Pengelolaan Kawasan Oleh Masyarakat di Kabupaten Seruyan (Bagian KeEnam)



2.1.    Kondisi Sebelum Masuknya Perkebunan Kelapa Sawit

2.1.1.   Keanekaragaman hayati yang berlimpah
Menurut cerita beberapa warga, keanekaragaman hayati yang ada di desa mereka sebelum maraknya pembukaan kawasan untuk perkebunan kelapa sawit sangat beraneka ragam.
Masyarakat bisa memanfaatkan kekayaan alam ini dengan mudah, baik untuk kebutuhan ekonomi keluarga, untuk kebutuhan medis, sosial dan  budaya serta kebutuhan religius.
Berikut adalah uraian Keanekaragaman hayati yang dimiliki desa-desa obyek riset berdasarkan keterangan warga (beberapa keterangan masih menggunakan bahasa dan istilah local) ;

A.  Kekayaan Fauna
Kawasan ini dahulunya dikelilingi oleh hutan, dan dikenal oleh masyarakat luas memiliki kekayaan jenis satwa liar dan endemik khas pulau Kalimantan, seperti berbagai jenis kera (Owa-owa, Oranguta, Kelasi, dll),  jenis Burung ( Haruwei, Tingang, dll), serta bermacam-macam jenis ikan air tawar.

Ø Jenis Burung
Table 1 : Jenis-jenis burung yang ada di kecamatan Danau Sembuluh dan Seruyan Raya
1
Bakaka
17
Pampulu
2
Belatuk
18
Paragam
3
Betet
19
Penjajau
4
Birah mata
20
Pipit
5
Bubut
21
Punai
6
Cancariat
22
Punai Hara
7
Cuit
23
Putih
8
Dandang
24
Sababurak
9
Elang
25
Salampidan
10
Gagak
26
Sangayan
11
Hantu
27
Serindit
12
Haruwei
28
Tekukur
13
Jungkit Batang
29
Teteh
14
Kali Alang
30
Tikahau
15
Mayat
31
Tingang
16
Murai
32
Tiung

Banyaknya jenis burung diwilayah ini tidak begitu memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat desa, hanya ada beberapa warga saja yang memang khusus berprofesi sebagai penjerat burung untuk di jual ke kota sampit maupun ke kota kuala pembuang.
Menurut masyarakat, keberadaan burung-burung diwilayah mereka sangat bermanfaat mengurangi jumlah populasi belalang dan kupu-kupu yang sering menyerang pehumaan/ladang padi dan sayur-mayur milik petani.

Ø Jenis Ikan Sungai dan Danau
Keberadaan sungai dan danau bagi masyarakat merupakan urat nadi kehidupan mereka, seluruh desa objek riset ini letaknya bersentuhan langsung dengan danau maupun sungai dan anak sungai yang semuanya bermuara ke danau sembuluh dan sungai seruyan Danau Sembuluh merupakan danau terbesar di provinsi Kalimantan Tengah.[1]
Sedangkan DAS Seruyan merupakan batas geografis kabupaten seruyan dengan kabupaten kotawaringin timur dan kabupaten kotawaringi barat, sungai seruyan merupakan sungai utama di kabupaten seruyan ini mengalir dari arah utara, memilik hulu sungai di sekitar lintasan pegunungan Schwaner dan bermuara di bagian selatan kota kuala pembuang dipesisir laut jawa. Sungai seruyan memiliki peran yang sangat strategis untuk menghubungkan kota-kota kecamatan di kabupaten seruyan termasuk kecamatan Danau sembuluh dan Seruyan Raya. Panjang sungai seruyan adalah sekitar 350 km, kedalaman rata-rata mencapai 5 meter dan lebar rata-rata sekitar 250 meter.
Kondisi ini memungkinkan sungai dan danau diwilayah ini memiliki keanekaragaman jenis ikan air tawar, selain sebagai sarana tranportasi utama pada masa itu, sungai dan danau sembuluh merupakan areal tangkapan ikan air tawar yang sangat strategis pagi warga yang berprofesi sebagai nelayan. Adapun berbagai jenis ikan yang terdapat di wilayah desa-desa sasaran riset antara lain ;

Tabel 6
:
Jenis-jenis ikan air tawar di kecamatan Danau Sembuluh dan Seruyan Raya

1
Bakut
17
Haraharang
33
Mansiu
49
Saluang
2
Bangah
18
Haruan/ gabus
34
Marau
50
Sanggang Benangin
3
Banta
19
Jelawat/ Manjauhan
35
Miau
51
Sanggiringan
4
Barakas
20
Jiwah
36
Panganten
52
Selintik Baner
5
Batu
21
Junju
37
Paparang
53
Sili-sili
6
Batu-batung
22
Kakail
38
Papuntin
54
Susur
7
Batutung
23
Kalabau
39
Papuyu
55
Tabiring
8
Baung
24
Kalui
40
Patin
56
Tampala
9
Biawan
25
Kamancung
41
Patung
57
Tangkakiap
10
Bihis
26
Kapar
42
Peang
58
Tangkalasa
11
Buhing
27
Kapas-kapas
43
Pentet
59
Tapah
12
Buluh-buluh
28
Karandang
44
Pipih
60
Tauman
13
Campatuan
29
Kungkum
45
Puyau
61
Telan
14
Disahmata
30
Lais
46
Riyu
62
Tengadak
15
Garanggam
31
Lawang
47
Sadaring
63
Tikumpang
16
Halang
32
Lumbu-lumbu
48
Salap
64
Walut

Pada masa ini kebutuhan warga akan asupan protein sudah sangat tercukupi dari konsumsi ikan yang sangat berlimpah. Dari segi ekonomi, hasil tangkapan ikan para nelayan pada saat itu dirasa sangat membantu pemenuhan kebutuhan keluarga.

Ø Satwa Liar Lainnya
Masih berdasarkan cerita dari warga, dahulu ketika pada saat mereka merintis hutan guna membuka lahan pehumaan/ladang, seringkali bertemu dengan berbagai hewan macam hewan liar termasuk hewan endemic Kalimantan seperti orangutan.
Berikut adalah jenis-jenis satwa liar yang dapat diingat oleh beberapa warga, beberapa penamaan satwa liar ini masih menggunakan nama-nama lokal dan penulis belum menemukan persamaan namanya dalam bahasa Indonesia.

Tabel 7
:
Jenis-jenis satwa liar di kecamatan Danau Sembuluh dan Seruyan Raya

1
Babi
12
Landak
2
Bangkui
13
Macan hutan
3
Bekantan
14
Mengkas
4
Beruang
15
Menjangan
5
Biawak
16
Musang
6
Binturun
17
Orangutan
7
Buaya
18
Owa-owa
8
Kalasi
19
Pelanduk
9
Kijang
20
Sangkulih
10
Kucing Hutan
21
Tupai
11
Kura-kura
22
Ular


23
Warik/ monyet

Satwa liar yang hidup diwilayah ini ada beberapa jenis yang biasa di buru oleh warga guna memenuhi kebutuhan protein hewani keluarga dan untuk dijual dagingnya ke warga lainnya, beberapa satwa yang biasa diburu antara lain; Babi hutan, Kijang, Pelanduk, Sangkulih (sejenis pelanduk, namun lebih kecil ukurannya), Mengkas (sejenis Tupai), Menjangan dan Tupai.

B.  Keanekaragaman Flora
Ø Tanaman Berkhasiat Obat
Pengumpulan data mengenai jenis-jenis flora dalam riset ini hanya pada jenis tanaman yang mudah diingat dan benar-benar dipahami oleh narasumber, yakni hanya pada jenis tanaman yang biasa mereka gunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit dan yang tumbuh melimpah di kawasan mereka. Penggunaan jenis tanaman berkhasiat obat ini telah dibuktikan secara turun temurun oleh warga.

Tabel 8
:
Jenis-jenis Tanaman berkhasiat obat di kecamatan Danau Sembuluh dan Seruyan Raya

No
Nama Tanaman
Khasiat
1
Akar Kuning
Mengobati Sakit Lever
2
Akar Tampala
Mengobati Muntaber
3
Buah Kandang
Menyembuhkan Amandel
4
Gamat
Jamu Setelah melahirkan
5
Kambiran
Menurunkan tekanan darah tinggi
6
Kemanjing
Mempermudah proses Persalinan
7
Panawar Sampai
Mengobati Koreng dan Menghindari nyamuk
8
Pasak Bumi
Mengobati Malaria atau Demam
9
Pucuk Capa
mengobati sakit Perut, Sakit kuning, dll
10
Sarang Semut
Mengobati Kanker
11
Seluang Belum
Penawar Racun dan mengatasi Lemah Syahwat
12
Temu Lawak
Vitalitas tubuh

Ø Jenis Tanama Liar Lainnya
Pada saat pengumpulan data dalam riset pangan ini tidak banyak narasumber yang masih ingat mengenai nama-nama tanaman liar yang dulunya tumbuh melimpah di kawasan mereka, namun demikian, berdasarkan informasi beberapa warga tercatat beberapa jenis tanaman liar yang dahulunya sangat banyak dijumpai.

Tabel 9
:
Jenis-jenis Tanaman Liar di kecamatan Danau Sembuluh dan Seruyan Raya

1
Akar Warik/ Kantong Semar
10
Lanan
2
Anggrek
11
Meranti
3
Bambu
12
Pantung
4
Bengkirai
13
Rasau
5
Galam
14
Rotan
6
Jambu Hutan
15
Sumpung
7
Jingah
16
Tangkawang
8
Kelapa
17
Tumih
9
Kempas
18
Ulin




[1] Danau Sembuluh merupakan danau terbesar di Kalimantan Tengah, danau seluas 7.832,5 ha atau 2.424 km2 dan memiliki panjang sejauh 35,68 km ini (www.wikipedia.org) merupakan tempat bermuaranya sungai-sungai besar dan kecil, diantaranya; Kupang, Rungau, dan Rambania. Di sekitar danau ini terdapat beberapa desa, yaitu Sembuluh I, Sembuluh II, Bangkal,Terawan, Tabiku, Lampasa, Telaga Pulang, dll.

Tidak ada komentar:

Anda peduli upaya penyelamatan Hak Rakyat dan Hutan Kalimantan? silahkan berikan donasi anda